Wujudkan Desa  Inspiratif dan Mandiri, Pemprov Sumsel Gelar Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi 

Wujudkan Desa  Inspiratif dan Mandiri, Pemprov Sumsel Gelar Lomba Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Provinsi 

PALEMBANG- Sekretaris Daerah (Sekda) Sumatera Selatan (Sumsel) Ir. SA Supriono membuka kegiatan paparan calon juara lomba desa dan kelurahan, bertempat di Hotel Swarna Dwipa, Kamis (22/6) Siang.  Dalam  kegiatan  yang mengusung tema “Tata kelola pemerintahan yang baik dalam mewujudkan stabilitas ekonomi dan sosial desa/kelurahan”  tersebut  Sekretaris Daerah  Supriono mengatakan lomba desa dan kelurahan merupakan manifestasi pembangunan yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Dimulai dari tata kelola pemerintah desa dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan kultur.  “Desa merupakan salah satu elemen pemerintah. Kades dan lurah sebagai wakil dari Gubernur yang paling paham tentang potensi daerahnya masing-masing. Maka dari itu kami berharap Bapak/Ibu dapat melakukan kewajiban profil desa tersebut," tuturnya.  Supriono mendoakan siapapun yang akan menjadi pemenangnya, semoga akan tetap menjadi juara pada tingkat nasional. 

“Dan keberhasilan desa dapat terjaga dengan baik dan menjadi insipratif dan mandiri. Mudah-mudahan kegiatan ini akan menjadikan Provinsi Sumsel menjadi provinsi yang semakin maju dikemudian hari," tandasnya.  Sementara Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala dinas PMD Sumsel, Dr. H. Muhammad Senen Har, S.IP., M.Si., dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan di Tingkat Provinsi  bertujuan untuk menyaring Desa dan Kelurahan terbaik di setiap Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumatera Selatan.  Adapun penilaian lomba Desa dan Kelurahan dengan mempertimbangkan antara lain, Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, Perkembangan Profil Desa dan Kelurahan,  Tingkat kepatuhan Kepala Desa dan Lurah terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintahan, adanya upaya desa dan kelurahan dalam melestarikan adat dan budaya setempat. “Kemudian visi dan misi provinsi dalam membangun desa dan kelurahan, sinergisitas kegiatan, memiliki inovasi yang unik dan berdampak pada peningkatan pada masyarakat, memiliki produk unggulan yang berdaya saing tinggi dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Pelaksanaan tahapan pemaparan Lomba Desa dan Kelurahan kali ini  merupakan tahap akhir, untuk menentukan calon juara lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2023, yang nantinya akan menjadi wakil Provinsi Sumatera Selatan dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional (Pusat). “Lomba ini dilaksanakan sebagai salah satu cara mengevaluasi perkembangan desa/kelurahan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai dengan 23 Juni 2023. Sebelum tahapan ini telah dilaksanakan beberapa tahap lainnya yaitu proses administrasi, klarifikasi lapangan, evaluasi bidang pemerintah desa/kelurahan, kemudian dilakukan penilaian melalui rapat pleno dan menghasilkan para calon juara,” tambahnya.  Adapun kegiatan ini melibatkan  8 Kabupaten/kota di Sumsel. Dari jumlah tersebut  terpilih 3 kabupaten dan 1 kota sebagai calon juara antara lain Desa Sri Mulya OKU, Desa Kurungan Nyawa II OKU Timur,  Desa Tebat Agung Muara Enim, Kelurahan Ogan Baru Kta Palembang.

Dipost Oleh Bendit koesoet

berbagi bersama

Post Terkait

Tinggalkan Komentar